Samsung | Oppo | Vivo | Xiaomi | Infinix

Whatsapp | Tips / Trik | Aplikasi Android | Game

Android | Google | Software

Cara Membuat Akun Whatsapp Business untuk Keperluan Bisnis

Apakah Anda ingin perusahaan Anda tersedia di messenger paling populer di dunia dan lebih mudah diakses oleh pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan Anda?

Kami siap membantu. WhatsApp Business memiliki aplikasi gratis untuk bisnis kecil, menengah, dan lokal, yang memungkinkan mereka terhubung dengan pelanggan melalui messenger favorit mereka.

Aplikasi ini mirip dengan aplikasi WhatsApp biasa, tetapi memiliki beberapa fitur yang memungkinkan pemilik bisnis berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan mereka.

WhatsApp Business adalah aplikasi obrolan khusus untuk bisnis. Keberadaan WhatsApp Business bisa menjadi alternatif aplikasi chat bisnis yang sangat bermanfaat khususnya bagi para pebisnis online.

Aplikasi ini membantu banyak pembeli potensial berkomunikasi dengan penjual. Mereka dapat mengajukan pertanyaan terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu.

WhatsApp Business juga menjadi pilihan yang tepat. Karena banyak orang di Indonesia yang menggunakan WhatsApp. Dengan demikian, pengusaha tidak perlu meminta calon pembeli memasang WhatsApp sebagai sarana komunikasi.

Mari kita lihat apa yang baru dan cara menggunakan WhatsApp Business dalam artikel ini.

Cara membuat akun di Aplikasi WhatsApp Business

Membuat akun WhatsApp Business memerlukan beberapa langkah standar: mengunduh aplikasi, memasukkan semua informasi akun Anda, dan memastikan Anda siap untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda dengan kualitas terbaik.

Berikut cara membuat akun Whatsapp bisnis:

1. Unduh dan Instal Aplikasi WhatsApp Business

WhatsApp Business tersedia di Google Play (Android) dan Apple Store (iOS). Anda akan memerlukan nomor telepon untuk mulai menggunakan aplikasi. Setelah aplikasi terpasang, silahkan buka Aplikasi WhatsApp Business.

2. Terima Persyaratan Layanan

Silahkan Anda baca dengan cermat terlebih dahulu Syarat dan Ketentuan dalam menggunakan WhatsApp Business.

3. Masukkan Nomor Telepon untuk Verifikasi Akun

Setelah menginstal aplikasi WhatsApp Business, Anda harus mendaftar menggunakan nomor ponsel Anda. Untuk menyederhanakan proses verifikasi, sebaiknya gunakan nomor ponsel khusus bisnis. Selain itu, tidak mungkin untuk menggabungkan pribadi dan bisnis dengan nomor khusus.

Tambahkan nomor telepon untuk ditautkan ke akun WhatsApp bisnis Anda. Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat menggunakan 1 nomor untuk setiap akun.

Jika Anda memasukkan nomor telepon Anda, Anda dapat menerima kode SMS dan memeriksanya untuk Verifikasi.

Jika Anda ingin menggunakan nomor yang terdaftar di aplikasi WhatsApp biasa, Anda juga dapat mendaftarkannya di WhatsApp Business, tetapi WhatsApp biasa akan keluar secara otomatis dan akun Anda akan dinonaktifkan. Dalam hal ini, semua kontak Anda akan ditransfer dari WhatsApp biasa ke WhatsApp Business.

Untuk WhatsApp biasa dan WhatsApp Business, kami menyarankan Anda menggunakan nomor telepon terpisah karena memungkinkan Anda untuk memisahkan komunikasi pribadi dan bisnis.

4. Berikan WhatsApp Business Akses ke Kontak dan Foto

Jika Anda ingin WhatsApp Business mendapatkan kontak dari buku alamat ponsel Anda, dan untuk berbagi multimedia melalui aplikasi (dan mungkin memang demikian), Anda harus mengizinkan akses ke foto dan kamera Anda.

5. Buat akun WhatsApp Business

Untuk menyelesaikan pembuatan akun baru, Anda perlu:

  1. Tuliskan nama Bisnis.
  2. Pilih gambar profil.
  3. Pilih kategori bisnis tempat perusahaan Anda beroperasi.

Setelah Anda melewati langkah-langkah ini, Anda secara resmi memiliki akun WhatsApp Business dan sekarang saatnya untuk mengisi semua detail perusahaan. Untuk lebih jelasnya silahkan Lengkapi profil bisnis Anda dengan cara yang kami tulis berikut ini:

Cara Mengisi Profil Akun di Aplikasi WhatsApp Business

Membuat akun saja tidak cukup. Tujuannya adalah untuk membuat profil yang mewakili perusahaan Anda dan memberikan semua kontak dasar dan detail bisnis kepada pelanggan. Itu dapat diakses secara alternatif dengan mengklik tiga titik di sudut kanan atas > klik menu Settings > Business Settings > Profile.

Profil WhatsApp Business memiliki kolom tambahan dibandingkan dengan akun WhatsApp biasa yang hanya menampilkan gambar profil dan nama. Anda akan dapat mengisi:

  • Nama Bisnis
  • Nomor telepon
  • Deskripsi
  • Alamat bisnis
  • Kategori Bisnis
  • Jam kerja
  • Email
  • Situs web
  • Tentang

Akun bisnis WhatsApp Anda juga menampilkan katalog produk. Anda dapat menampilkan produk dan layanan dengan gambar, deskripsi, harga, dan kode produk.

Karena profil bisnis Anda adalah repositori virtual, pastikan Anda isi semuanya dan membuatnya menonjol.

Siapkan Menu Balas Pesan Otomatis

WhatsApp Business memiliki fitur yang tidak akan Anda temukan di WhatsApp biasa.

Fungsi otomatisasi messenger memungkinkan komunikasi yang lebih cepat dan mudah. Anda perlu mengatur dan menulis pesan balasan untuk fitur balas pesan otomatis.

Langkah-langkah untuk mengatur balas pesan otomatis: Klik Settings > Business Settings > pilih opsi Away Message atau Greeting Message ataupun Quick Replies.

Opsi yang tersedia untuk fitur pesan balasan otomatis adalah:

  • Whatsapp Away Message: Secara otomatis memberi tahu pelanggan bahwa Anda sedang sibuk saat mereka menghubungi Anda. Anda dapat membuat template yang isinya memberitahukan para pelanggan bahwa Anda sudah siap melayani mereka.
  • Whatsapp Greeting Message: Saat Anda mengirim pesan teks kepada pelanggan untuk pertama kalinya, memilih opsi ini akan menyapa pelanggan secara otomatis, jadi tulislah template untuk sambutan paling hangat untuk pelanggan Anda.
  • Whatsapp Quick Replies: Templat pesan yang dapat Anda buat dan gunakan dalam obrolan dengan pelanggan Anda. Opsi ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan umum dengan cepat.

Anda kemudian dapat mengatur teks pesan untuk mesin penjawab otomatis Anda. Anda juga dapat mengatur waktu untuk mengirim pesan kapan saja atau pada waktu tertentu.

Buat template untuk setiap otomatisasi dan Anda sudah selesai dalam membuat, menyiapkan dan mengatur profil akun di Whatsapp Business.

Perluas peluang bisnis Anda dengan WhatsApp Business!

WhatsApp Business adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk pemilik bisnis. Bagi mereka yang baru memulai bisnis, aplikasi ini harus dimiliki. Dengan Aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah mengontrol bisnis dengan melihat statistik pesan, fitur menanggapi pesan secara otomatis, mempromosikan produk dan mengelompokkan pesan menurut kriteria tertentu.