Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus

Beranda

Samsung | Oppo | Vivo | Xiaomi | Infinix

Whatsapp | Tips / Trik | Aplikasi Android | Game

Android | Google | Software

Pernahkah Anda secara tidak sengaja menghapus obrolan WhatsApp dan langsung menyesalinya? Ingin tahu apakah ada cara untuk mengembalikannya? Jangan khawatir, kami akan membantu Anda cara memulihkan chat WhatsApp yang terhapus dan cara mengembalikan obrolan WhatsApp yang tertimpa dari Cadangan iCloud atau Google Drive. Obrolan hanya dapat dipulihkan jika opsi Cadangkan dari awal di WhatsApp diaktifkan sebelum melakukan langkah-langkah ini. Ini berarti Anda tidak dapat memulihkan pesan atau obrolan yang terhapus secara tidak sengaja kecuali jika obrolan sudah dicadangkan sebelumnya.

Untuk menggunakan cadangan obrolan di Android:

  1. Buka WhatsApp
  2. klik Pengaturan
  3. Ketuk Obrolan
  4. Plilih Cadangan Obrolan

Di sini Anda dapat mengatur frekuensi cadangan obrolan. Dinonaktifkan, Harian, Mingguan atau Bulanan atau Anda juga dapat membuat cadangan secara manual. Anda juga dapat membuat cadangan ponsel Android Anda Jika digunakan, Anda perlu memilih akun Google untuk dicadangkan.

Untuk menggunakan cadangan obrolan di iPhone: Buka WhatsApp > Plih "Pengaturan" > Obrolan > Cadangan Obrolan dan memilih frekuensi pencadangan otomatis, atau Anda dapat menggunakan "Cadangkan Sekarang" untuk memulai pencadangan ke iCloud secara manual.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Dihapus

Anda dapat mentransfer data WhatsApp ke telepon yang baru dengan memulihkan dari Google Drive atau cadangan lokal jika Anda pengguna Android. Namun, bagi Anda pengguna iPhone, Anda dapat memulihkan dari iCloud. Berikut cara memulihkan chat WhatsApp yang terhapus:

1. Pulihkan Obrolan WhatsApp yang dihapus melalui cadangan Cloud

Jika Anda tidak sengaja menghapus obrolan, obrolan tersebut dapat dicadangkan ke cloud. Katakanlah pencadangan Google Drive Anda dilakukan di tengah malam dan Anda tidak sengaja menghapus obrolan di pagi hari. Anda masih memiliki obrolan di cadangan cloud, jadi Anda dapat memulihkannya.

Berikut ini cara memulihkan chat di Android:

  1. Copot pemasangan WhatsApp dari Smartphone Android Anda.
  2. Instal ulang WhatsApp dan atur dengan nomor telepon Anda.
  3. Setelah menyiapkan aplikasi, Anda akan diminta untuk memulihkan pesan dari cadangan cloud. Cadangan ini berasal dari Google Drive untuk pengguna Android. Ketuk Pulihkan.
  4. Ini akan memulihkan pesan yang tidak sengaja Anda hapus Catatan: Jika Anda telah menerima dan menghapus pesan sejak pencadangan cloud terakhir, Anda tidak akan dapat memulihkannya.

Jika Anda tidak sengaja menghapus obrolan, Anda dapat menyalinnya ke cloud. Misalnya, cadangan iCloud Anda diambil pada siang hari dan Anda tidak sengaja menghapus obrolan. Obrolan masih disimpan di cadangan cloud, sehingga Anda dapat memulihkannya.

Cara memulihkan Chat Whatsapp di iPhone:

  1. Copot pemasangan WhatsApp dari ponsel iPhone Anda.
  2. Pasang ulang Aplikasi WhatsApp dan atur dengan nomor telepon Anda.
  3. Setelah aplikasi diatur, Anda akan mendapatkan prompt yang meminta Anda untuk memulihkan pesan dari cadangan cloud. Cadangan ini akan berasal dari iCloud. Ketuk Pulihkan.
  4. Ini akan mengembalikan pesan yang tidak sengaja Anda hapus. Perhatikan bahwa jika Anda menerima pesan setelah pencadangan cloud terbaru dan menghapusnya, tidak ada cara untuk memulihkannya.

2. Memulihkan Obrolan WhatsApp yang Dihapus Melalui Cadangan lokal Android

Cara lain untuk memulihkan obrolan WhatsApp yang dihapus adalah dengan mengembalikan obrolan tersebut dari cadangan lokal di ponsel Android Anda, metode ini tidak berfungsi di iOS.

Pencadangan lokal mengharuskan Anda mentransfer semua file ke ponsel baru menggunakan komputer, file manager, atau kartu SD.

Jika Anda menimpa pesan yang dihapus dari cadangan Google Drive Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka File Manager ponsel Anda (jika Anda tidak dapat menemukannya, unduh aplikasi Google Files). Sekarang buka folder WhatsApp > Database. Folder database berisi semua file cadangan WhatsApp yang disimpan secara lokal di ponsel Anda.
  2. Pilih file msgstore.db.crypt12 dan ganti namanya menjadi msgstore_BACKUP.db.crypt12. Ini adalah file cadangan terakhir, jadi pastikan untuk mengganti namanya agar tidak menimpanya. Jika terjadi kesalahan, selalu ganti nama file ini dengan nama aslinya dan mengembalikannya.
  3. Sekarang di folder ini Anda akan melihat banyak file dalam format msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12. Ini adalah cadangan WhatsApp lama. Anda dapat memilih cadangan terbaru dan mengganti namanya menjadi msgstore.db.crypt12.
  4. Dan inilah bagian tersulit: Buka Google Drive di Smartphone Anda dan klik ikon hamburger (bilah vertikal) > Cadangan. Sekarang hapus cadangan WhatsApp Anda dari sini. Ini akan memaksa ponsel dipulihkan dari cadangan lokal.
  5. Sekarang hapus WhatsApp dan instal ulang Setelah Anda menyelesaikan pengaturan, Anda akan diminta untuk memulihkan obrolan Anda dari cadangan lokal jika Anda tidak memiliki cadangan obrolan di cloud.
  6. Klik "Pulihkan". Obrolan yang dihapus akan dimulai ulang.

Jadi, jika Anda tidak sengaja menghapus chat WhatsApp, atau jika Anda telah menginstal WhatsApp dan ingin mengembalikan chat lama Anda, ada dua cara yang bisa Anda gunakan seperti yang telah kami sebutkan diatas, yaitu Anda harus mengaktifkan opsi cadangan obrolan untuk memulihkan pesan apa pun.