Cara Lapor Akun, Jika Akun Whatsapp Diretas / Dibajak

Beranda

Samsung | Oppo | Vivo | Xiaomi | Infinix

Whatsapp | Tips / Trik | Aplikasi Android | Game

Android | Google | Software

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di dunia, dengan miliaran pengguna berada di platform. Popularitas aplikasi perpesanan juga membuat musuh, karena penyerang berusaha meretas platform untuk mencuri informasi sensitif mereka.

Meskipun ada fungsi keamanan yang melakukan verifikasi identitas dua langkah, akun WhatsApp yang diretas tetap ada. Salah satu metode yang paling populer adalah rekayasa sosial, yang mengharuskan pengguna memasukkan kode sandi satu kali.

Scammers sering menggunakannya untuk memberi pengguna kode verifikasi enam digit. Kode ini adalah kata sandi satu kali untuk masuk ke aplikasi. Jika Anda membagikan kode verifikasi WhatsApp Anda dengan pengguna lain, WhatsApp dapat diretas.

Dengan kelemahan dan penipuan seperti itu, peretas dapat dengan mudah mendapatkan informasi akun korban.

Bahkan jika Anda melakukan kesalahan ini, jangan khawatir, ada cara untuk memulihkan akun WhatsApp Anda yang diretas.

Jika akun telah diretas oleh peretas, pemilik asli memiliki cara untuk mendapatkan kembali akun tersebut.

Korban dapat melaporkan langsung ke support@whatsapp.com.

Aktifkan kembali WhatsApp

Jika Anda memiliki kartu SIM duplikat, Anda dapat mengaktifkan kembali nomor WhatsApp yang sama di akun lain. Saat Anda meminta aktivasi lagi, WhatsApp akan mengirimkan kode 6 digit yang harus Anda masukkan. Masukkan kode dan peretas akan secara otomatis keluar dari akun Anda.

Jika Anda tidak mempunyai duplikat kartu SIM saat ini, kami sarankan Anda menghapus akun WhatsApp Anda untuk mencegah penyerang mengeksploitasi akun Anda.

Menghapus WhatsApp berbeda dengan menghapusnya. Anda harus terhubung ke layanan dukungan web WhatsApp untuk menghapus akun Anda.

Jika peretas telah mengaktifkan proses verifikasi dua langkah, WhatsApp akan meminta Anda memasukkan kode itu. Anda harus menunggu 7 hari untuk memulihkan akun Anda karena peretas tidak tahu kode mana yang mereka gunakan.

Namun, peretas tidak akan dapat mengakses akun WhatsApp Anda sambil menunggu akun Anda dipulihkan.

Cara Mengambil Alih Akun WhatsApp yang Diretas

Ada cara lain untuk memulihkan akun yang diretas. Setelah Anda mengetahui tentang peretasan, Anda dapat menginstal ulang aplikasi WhatsApp sesegera mungkin.

Kemudian masuk dengan nomor WhatsApp Anda yang diretas. Kemudian masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS untuk verifikasi nomor.

Jika Anda berhasil masuk, akun Anda dianggap telah dipulihkan.

Tips Mengamankan Akun WhatsApp

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, WhatsApp sendiri memiliki sejumlah fitur keamanan untuk melindungi akun Anda. Penasihat Sravanthi merekomendasikan agar pengguna WhatsApp melakukan verifikasi identitas dua langkah.

Mengaktifkan fitur ini akan mengharuskan Anda memasukkan PIN 6 digit terdaftar saat berpindah perangkat atau menginstal ulang aplikasi WhatsApp. PIN ini ditampilkan secara berkala saat pengguna membuka aplikasi WhatsApp.