Apa itu Perplexity AI? Platform Pencarian dan Chatbot, Begini Cara Menggunakannya

Perplexity AI: Platform Pencarian AI yang Mampu Menjawab Pertanyaan dengan Cepat dan Akurat

Perplexity AI adalah platform pencarian dan chatbot yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan jawaban yang akurat dan komprehensif pada pertanyaan pengguna. Platform ini menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami (NLP) dan pembelajaran mesin untuk mencari informasi secara real-time dan memberikan informasi terbaru pada berbagai topik. Perplexity AI dapat digunakan untuk keperluan akademik, pengecekan fakta bagi jurnalis, pemasaran konten, dan riset pasar bagi bisnis.

Apa itu Perplexity AI?

Perplexity AI adalah platform pencarian dan chatbot yang menggunakan teknologi AI untuk memberikan jawaban yang akurat dan komprehensif pada pertanyaan pengguna. Platform ini didesain untuk mencari informasi secara real-time dan memberikan informasi terbaru pada berbagai topik. Perplexity AI merupakan alat yang kuat dengan antarmuka pengguna yang intuitif yang dapat membantu pengguna menemukan informasi pada berbagai topik.

Perplexity AI didirikan pada tahun 2022 oleh Andy Konwinski, Aravind Srinivas, Denis Yarats, dan Johnny Ho. Keempat pendiri ini bertemu saat bekerja di Google AI, di mana mereka terlibat dalam pengembangan model bahasa besar. Mereka merasa frustrasi dengan kurangnya cara yang baik untuk mengakses dan menggunakan pengetahuan yang terkandung dalam model-model ini, sehingga mereka memutuskan untuk memulai perusahaan mereka sendiri untuk mengatasi masalah tersebut.

Platform Pencarian AI yang Mampu Menjawab Pertanyaan dengan Cepat dan Akurat

Perplexity AI adalah platform pencarian AI yang mampu memberikan jawaban langsung dan akurat atas pertanyaan pengguna. Platform ini menawarkan antarmuka chatbot yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan dalam bahasa alami dan mendapatkan jawaban yang relevan dengan sumber dan kutipan yang sesuai. Perplexity AI didirikan oleh empat ahli AI, yaitu Aravind Srinivas, Denis Yarats, Johnny Ho, dan Andy Konwinski. Perplexity AI menggunakan model bahasa besar seperti OpenAI dan Anthropic untuk memberikan hasil pencarian yang lebih baik daripada ChatGPT.

Perplexity AI menawarkan banyak manfaat, seperti membantu penelitian akademis, verifikasi fakta untuk jurnalis, pemasaran konten, dan riset pasar untuk bisnis. Selain itu, Perplexity AI juga dapat dijalankan sebagai platform media sosial melalui fitur Threads milik Meta, sehingga pengguna dapat berbagi dan berinteraksi dengan pengguna lain.

Perplexity AI menawarkan pengalaman pencarian yang lebih baik daripada mesin pencari tradisional seperti Google. Perplexity AI mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks dan memberikan jawaban yang lebih akurat dan relevan. Selain itu, Perplexity AI juga menawarkan antarmuka chatbot yang lebih mudah digunakan dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan platform secara lebih alami.

Meskipun Perplexity AI menawarkan banyak manfaat, ada juga kekhawatiran seputar penyalahgunaan dan informasi yang salah. Model AI tidak selalu memberikan ringkasan yang akurat dan dapat membingungkan atau bahkan menyesatkan pengguna. Selain itu, model AI juga rentan terhadap bias dan toksisitas.

Perplexity AI telah berhasil mengumpulkan dana sebesar $100 juta dari investor seperti Nvidia, Jeff Bezos, Balaji Srinivasan, Guillermo Rauch, dan lainnya. Meskipun masih tergolong baru, Perplexity AI menunjukkan potensi yang besar untuk menjadi pesaing kuat di pasar pencarian AI.

Bagaimana Cara Menggunakan Perplexity AI?

Perplexity AI dapat digunakan dengan mudah melalui antarmuka pengguna yang intuitif. Pengguna dapat memasukkan pertanyaan atau topik yang ingin dicari, dan Perplexity AI akan memberikan jawaban yang akurat dan komprehensif. Selain itu, Perplexity AI juga menyediakan fitur Copilot yang memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi topik secara mendalam dan belajar hal-hal baru.

Beberapa fitur kunci dari Perplexity AI antara lain:

  • Jawaban yang akurat dan komprehensif pada pertanyaan pengguna
  • Pencarian informasi secara real-time pada web
  • Akses ke file PDF
  • Didukung oleh model bahasa besar
  • Gratis digunakan
  • Tersedia di web dan sebagai aplikasi untuk pengguna iPhone
  • Menyediakan sumber referensi yang digunakan untuk memberikan jawaban

Kesimpulan

Perplexity AI adalah platform pencarian dan chatbot yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan jawaban yang akurat dan komprehensif pada pertanyaan pengguna. Platform ini dapat digunakan untuk keperluan akademik, pengecekan fakta bagi jurnalis, pemasaran konten, dan riset pasar bagi bisnis. Perplexity AI didukung oleh model bahasa besar dan menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna untuk menemukan informasi pada berbagai topik.

Trending Now

√ Daftar Kode Rahasia Semua Tipe HP Infinix (All Type) dan Fungsinya

Harga Samsung Galaxy M01s Baru Bekas dan Spesifikasi

Cara Membuat Kartun Disney AI dari Foto Pribadi dengan Bing Image Creator

Harga Xiaomi Black Shark 4: Spesifikasi RAM 6GB, ROM 128GB

Harga Oppo A8 Baru Bekas dan Spesifikasi

Harga Samsung Galaxy A10s Baru Bekas dan Spesifikasi

Harga Samsung Galaxy J8 Baru Bekas dan Spesifikasi

Apa itu Adobe Firefly? Cara Menggunakan untuk Mengedit Foto dengan AI Generative Fill

Samsung's Guide to Water Damage: How to Fix a Drenched Smartphone